About - BPSBTPH

AKSI PERUBAHAN DI BPSBTPH JAWA BARAT


Tanggal : 23-12-2021 | posting oleh : Admin

BPSBTPH Provinsi Jawa Barat menuju

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

Tingginya tuntutan masyarakat akan terwujudnya birokrasi yang transparan, akuntabilitas, bebas dari korupsi dan Nepotisme (KKN) mengakibatkan reformasi birokrasi merupakan hal yang harus dilakukan oleh instansi Pemerintah, Reformasi birokrasi merupakan langkah awal untuk melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional.

Aksi Perubahan Balai Pelayanan Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat  memiliki target perubahan pola pikir dan budaya kerja dengan nilai-nilai budaya kerja “DISIPLIN” yaitu Disiplin, Inovatif, Profesionalisme, dan Integritas dengan sasaran kinerja 1) Meningkatkan Disiplin Kerja; 2) Peningkatan Penerapan SOP pelayanan ; 3) Pengembangan Inovasi Pelayanan sertifikasi benih dan pengawasan mutu benih (Serbet Panon dan Singa Bentang) ; 4) Peningkatan Ketersedian benih bersertifikat pada tahun 2021 sebanyak 10 % ( 21.000 ton); dan 5) Penerapan aplikasi pembayaran retribusi.

Rata-rata kehadiran pegawai selama periode Agustus-Oktober 2021 mencapai sebesar 98,5%. Kehadiran ini sangat penting dalam rangka meningkatkan pelayanan Pengawasan mutu dan Sertifikasi Benih di BPSBTPH.

Penerapan SOP pengujian mutu telah dilaksanakan dengan baik, yaitu dengan  menerapkan SISTEM MANAJEMEN MUTU  dan terakreditasi ISO SNI/IEC 17025 : 2017 sejak tahun 2001. Selain itu juga telah dilakukan pengembangan inovasi penerapan SOP Pengawasan mutu dan Sertifikasi Benih sistem on line melalui Aplikasi Serbet Panon dan Singa Bentang. Kedua Aplikasi tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan mendapatkan penghargaan TOP 10 dan TOP 45 pada Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) tahun 2020 dan tahun 2021 serta telah dilakukan pedaftaran di HAKI.

Kinerja Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura pada tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 10,2% dan berkontribusi terhadap pencapaian IKU Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat sebesar 48,43%

___Benih berkualitas, Petani Puas, Jabar Juara...!!!___